Kompi Chanel

Portal Komputer & Software Online Serta Tips dan Trik dari Pakar yang Professional

Sejarah Revolusi Start Menu dari Windows 95 Sampai Windows 10


Para pengguna OS Windows pasti sudah mengetahui dengan tombol Start Menu yang ada di pojok kiri bawah. Tombol Start Menu sudah ada semenjak tahun 1995 seperti yang telah di bahas pada post Apa Itu Windows, walaupun sempat hilang pada Windows 8 akan tetapi pihak Microsoft kembali menghadirkan Start Menu pada Windows 10.

Dengan adanya pembaharuan sistem windows, Microsoft juga melakukan perubahan kecil pada icon Start Menu.

Dimulai dari "Chicago", Awal Mula Era Start Menu

Start Menu Windows muncul pertama kali dengan kode nama "Chicago", Terdiri dari 3 buah tombol berbeda, ikon start menu pada saat ini masih tampak sangat jadul.


1. Ikon jendela Windows untuk melakukan perintah - perintah dasar
2. Ikon kaca pembesar untuk mencari file
3. Ikon tanda tanya dan informasi sebagai About dari 'Chicago'

Windows 98 Sampai Windows 2000

Pada pembaharuan OS Windows ini. Pihak developer melakukan beberapa sentuhan - sentuhan perbaikan pada ikon kecil tersebut. Dan pada era Windows 98 dan Windows 2000 ini bisa dikatakan sebagai Era baru bagi Windows dan juga awal dimulainya Era Multi User pada Windows.


Windows XP

Pasti anda kenal dengan Windows yang satu ini. Ini dia si 'jadul' yang akan tetapi masih tetap canggih hingga sekarang. Mengapa?, karena sampai detik ini masih ada yang menggunakan Windows XP sebagai OS pada pc tersebut dengan berbagai alasan. Dan pada Start Menunya telah didominasikan oleh warna hijau dan sudah lumayan elegan.


Windows Vista

Tidak lama setelah diluncurkan Windows XP kemudian muncullah Windows Vista dengan tampilan yang elegan, dan reponsif. Pada Windows Vista diperkenalkan Search Box yang terletak dibawah All Program.


Windows 7

Pada Windows 7 tidak terjadi banyak perubahan pada Start Menu yang berbeda hanya Microsoft menambahkan Menu Sign Out dan Log Off Pc. Dan untuk ikon Start Menu terjadi perubahan pada kecerahan ikon.


Windows 8 dan Windows 8.1

Pada Windows ini tampilan OS dirancang ulang dengan tampilan Metro UI, dan pada tombol Start Menu dihilangkan. Kemudian dikenal dengan Start Screen.


Dan dikerenakan banyaknya keluhan dari para user maka pada Windows 8.1 Start Menu dikembalikan akan tetapi tidak seperti Windows 7. Ketika di click akan kembali terbuka Start Screen.

Windows 10

Pada Windows 10 dikarenakan pihak Microsoft belajar dari kesalahan pada Windows 8 dan Windows 8.1 seperti yang telah dibahas pada post Kenapa Harus Upgrade ke Windows 10 dan pada Windows 10 ikon Start Menu hadir dengan warna dominan Hitam dan Putih.


Kesimpulan

Start menu telah melakukan beberapa tahap revolusi yang dimulai pada Windows 95 hingga saat ini pada Windows 10. Tidak ada yang tahu bagaimana Ikon dan Start Menu kedepannya. Kenapa sih start menu tidak dihilangkan?. Benar sekali jawaban anda. Karena Start Menu sangat User-Friendly menurut saya.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Sejarah Revolusi Start Menu dari Windows 95 Sampai Windows 10"

 
Copyright © 2016 Kompi Chanel - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia