Kompi Chanel

Portal Komputer & Software Online Serta Tips dan Trik dari Pakar yang Professional

Wow: Linux Command Line Segera Hadir di Windows 10

Linux Command Line Segera Hadir di Windows 10

Melalui Event Build 2016 lalu, Microsoft telah mengumumkan bekerja samanya dengan Canonical (perusahaan dibalik  distro Linux Ubuntu) agar dapat membawa Linux Command Line ke built-in Windows 10.

Dengan hadirnya Bash shell ke Windows tentu saja menjadi kabar yang sangat mengejutkan dan mengembirakan bagi open source developer.


Menjalankan Linux Command Line di Windows 10

Linux Command Line Segera Hadir di Windows 10

Bash di windows ini bukan VM maupun cross-compilated tools akan tetapi benar - benar native dan terintegrasi dalam windows.

Yang artinya anda dapat menjalankan Bash script, Linux Command line seperti sed, awk, dll. Bahkan anda juga dapat menjalankan Linux tools seperti Ruby dan sebagainya. 

Dan tentu saja anda dapat memanagement file saat kamu menggunakan Linux.

Powered by Ubuntu

Linux Command Line Segera Hadir di Windows 10

Bash dan Linux Command Line yang dimasukkan ke dalam build Windows 10 nanti merupakan hasil pengembangan dari Windows dan Canonical, pastinya yang dibawa adalah Bash dari Ubuntu.

Jadi, buat anda yang lebih sering menggunakan terminal Ubuntu, maka kamu akan familiar dengan Bash Command Line di Windows 10 nantinya.

Untuk Developer Toolset Bukan Server

Linux Command Line Segera Hadir di Windows 10

Jika anda memiliki basis adalah Admin seperti gambar diatas, Mungkin kamu akan langsung menutup Server menggunakan Bash di Windows. Akan tetapi maaf, karena Linux Comman Line di Windows 10 hanya untuk developer toolset bukan untuk server.

Fungsi utamanya dan tujuannya adalah memudahkan anda dalam development dan menyiapkan enviroment sepeti yang dapat anda lakukan pada Linux langsung dari Windows. Dan ini akan sangat memudahkan bagi anda developer open source yang biasanya menggunakan Phyton, Php dan sebagainya.

Tidak Dapat Berinteraksi dengan Windows App

Bash dan Linux Tool ini tidak dapat berinteraksi dengan aplikasi Windows dan sebaliknya. Contohnya anda tidak bisa menjalankan Notepad dari Bash dan anda juga tidak dapat menjalankan Ruby dari PowerShell.

Mulai Diluncurkan Pada Build Windows Insider Selanjutnya

Linux Command Line ini baru akan muncul pada Build Windows Insider selanjutya dan akan terintegrasi langsung pada Windows 10 Anniversary Update.

Microsoft Love Linux

Perlu anda ketahui seperti pada gambar yang pertama anda lihat saat membaca artikel ini dengan adanya binary Ubuntu dan Linux Command Line di windows telah membuktikan bahwa Microsoft benar - benar mencintai Linux, seperti yang telah dijelaskan pada BUILD 2015 lalu.

Windows 10 for Developer

Dengan ditanamkannya Linux Comand Line pada Windows 10 membuktikan bahwa Microsoft ingin Windows menjadi OS untuk developer

Jadi bagaimana tanggapan anda dengan adanya Linux Command Line ini pada Windows 10?. Silahkan bagikan Pendapatmu disini.
Share this article :
+
This is the current newest page
0 Komentar untuk "Wow: Linux Command Line Segera Hadir di Windows 10"

 
Copyright © 2016 Kompi Chanel - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia